Jumlah Klaim Jasa Raharja Menurun Akibat Pandemi Covid-19

by
LAYANI - Meski di tengah pandemi Covid-19, PT Jasa Raharja Perwakilan Pekalongan tetap melayani korban kecelakaan dengan menerapkan protokol kesehatan.

KOTA – Jumlah klaim santunan PT Jasa Raharja Perwakilan Pekalongan hingga Agustus 2020, tercatat mengalami penurunan jika dibandingkan rentang waktu yang sama di tahun 2019. Dari catatan Jasa Raharja, hingga 27 Agustus 2020 klaim santunan yang telah diserahkan mencapai Rp15,7 miliar. Sedangkan untuk rentang waktu yang sama di tahun 2019, jumlah klaim yang diserahkan mencapai Rp19,8 miliar.

Hal itu diungkapkan Kepala PT Jasa Raharja Perwakilan Pekalongan, Sugeng Prastowo Dwiputranto. Sugeng mengatakan, faktor utama jumlah klaim mengalami penurunan yakni adanya pandemi Covid-19. “Adanya pandemi ini mengurangi aktivitas masyarakat baik di jalan raya maupun menggunakan angkutan umum. Terutama saat masa mudik Idul Fitri tahun 2020 lalu,” ungkap Sugeng belum lama ini.

Namun dia menegaskan, meski di tengah pandemi Covid-19 Jasa Raharja selalu siap menindaklanjuti dan memberikan pelayanan kepada korban kecelakaan lalu lintas. Menurut Sugeng, kecepatan pelayanan Jasa Raharja dalam menyerahkan santunan saat ini rata-rata mencapai 1 hari 13 jam dan penyelesaian sejak berkas pengajuan santunan sudah lengkap mencapai 19 menit 56 detik.

“Meskipun saat ini masih terjadi pandemi Covid-19, tidak menghalangi insan Jasa Raharja untuk melayani korban kecelakaan lalu lintas tanpa mengabaikan protokol kesehatan dengan tetap memakai APD,” katanya.

Sugeng melanjutkan, dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang mengalami musibah kecelakaan lalu lintas, PT Jasa Raharja telah melakukan inovasi dan menjalin sejumlah kerjasama dengan berbagai lembaga. Untuk inovasi, Jasa Raharja telah memiliki aplikasi JRKU yang dapat diunduh pada smartphone android dan iPhone. Melalui aplikasi tersebut masyarakat dapat melaporkan kecelakaan lalu lintas, mengajukan santunan, cek masa berlaku SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu lintas Jalan), membayar IWKBU (Iuran Wajib Kendaraan Bermotor Umum) serta update berita mengenai kegiatan Jasa Raharja.