Alhamdulillah, MAN Batang Santuni Siswa Yatim Piatu dan Dhuafa

by
SANTUNI - Pihak MAN Batang saat memberikan santunan kepada siswa yatim piatu di lingkungan sekolah.

BATANG – MAN Batang tahun ini memberikan santunan kepada sekitar 23 anak yatim piatu dan dhuafa di lingkungan sekolah mereka. Selain memperingati bulan Muharam, santunan ini juga diberikan sebagai bentuk keprihatinan dan dukungan madrasah bagi siswa untuk tetap semangat belajar di tengah pandemi.

“Santunan ini rencananya akan terus kami rutinkan setiap bulan Muharam. Biasanya memang kami salurkan ke pihak luar sekolah lewat OSIS, Pramuka atau lainnya. Hanya saja untuk tahun ini, di tengah pandemi ini, kami berkolaborasi seluruh warga MAN Batang menyalurkan santunan untuk siswa kami yatim piatu dan juga dhuafa yang lebih membutuhkan,” jelas Waka Kesiswaan MAN Batang, Hj Uma Farida SPd saat diwawancarai di sela kegiatan, Senin (31/8/2020).

Didampingi ketua panita kegiatan, Abdillah Afifudin SHI, dia mengatakan, santunan ini dihimpun dari donasi seluruh warga sekolah. Donasi merupakan kolaborasi antara semua organisasi kesiswaan, siswa, juga pendidik dan tenaga kependidikan MAN Batang.

‚ÄúPihak madrasah selalu berkomitmen melaksanakan kegiatan muharam berupa santunan kepada anak yatim piatu dan dhuafa setiap tahunnya. Selain mengikuti sunnah Rosulullah, sebagai seorang muslim kita harus memberikan kasih sayang dan menyantuni anak-anak yatim seperti yang diperintahkan dalam Alquran,” imbuhnya.

Dijelaskan, ada 23 anak yang mendapatkan santunan dalam bentuk uang, semuanya kelas X siswa-siwi MAN Batang. Panitia menilai kelas X adalah pihak yang terkena dampak paling berat, setelah kelulusan dan pendaftaran masuk sekolah. “Semoga santunan ini bisa meringankan beban mereka,” ucapnya.