20 Ribu Benih Ikan Ditebar di Sungai

by
TABUR BENIH - Bupati Pekalongan Asip Kholbihi secara simbolis melakukan penyebaran benih ikan.

WONOPRINGGO – Sebanyak 20 ribu benih ikan disebar di sepanjang Sungai strowbal di Desa Wonopringgo, Kecamatan Wonopringgo, akhir pekan kemarin. Adapun simbolis penyebaran dilakuan oleh Bupati Pekalongan Asip Kholbihi. Hadir pada acara tersebut, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pekalongan Sirhan, Camat Wonopringgo Tuti Haryati beserta forkopimcam, Kades Wonopringgo beserta seluruh perangkat desa, para Kades se Kecamatan Wonopringgo serta para warga Desa Wonopringgo.

Pada kesempatan itu, Bupati Asip Kholbihi menyampaikan bahwa konsumsi ikan di kabupaten Pekalongan tergolong masih rendah. Per tahunnya hanya sekitar 30 kg. Padahal rata-rata konsumsi ikan di provinsi Jawa Tengah sekitar 50 kg. Maka dari itu, Bupati mengajak warga kabupaten Pekalongan mulai gemar mengkomsumsi ikan dan menjadikan ikan sebagai lauk sehari-hari.

“Oleh karena itu sangat tepat pemerintah desa mengefektifkan saluran ini untuk pemberdayaan ikan tawar,” ujarnya.

Kegiatan penyebaran 20.000 benih ikan merupakan swadaya dari paguyuban pemuda Desa Wonopringgo dan dibantu oleh Pemerintah desa. Tujuannya nanti untuk tempat pemancingan , yang penting dilarang memakai alat elektronik (setrum).

Bupati menambahkan bahwa aspek penting dari seluruh desa yang ada di kabupaten Pekalongan harus diberdayakan terus.

“Sering saya sampaikan bahwa hampir seluruh desa punya sumber daya. Ini adalah sumber daya alam yang dikelola dengan baik, sehingga nanti memberikan impact untuk kesejahteraan warga desa,”paparnya.

Oleh karena itu bupati mengungkapkan pihaknya mendukung kegiatan itu dan akan memberikan bantuan juga nanti akan menata sungai tersebut supaya lebih bisa punya potensi wisata.

“Ini nanti akan menjadi obyek wisata yang menarik minimal untuk lingkup kabupaten,” imbuhnya. (Yon)