Jaga Kelestarian Alam, Pelajar Tanam Pohon

by
TANAM - Pelajar SMPN 4 Bawang saat menanam area sekitar sekolah dengan tanaman produktif.

*SMP Negeri 4 Bawang

BATANG – Pelajar SMP Negeri 4 Bawang turut menanami lingkungan sekolah mereka di lereng Gunung Sipandu dengan tanaman produktif, Sabtu (29/8/2020). Hal ini seperti dilakukan Dinas Pangan dan Pertanian Batang, Perum Perhutani dan Kementan serta instansi lain yang dilakukan beberapa waktu lalu.

“Jadi beberapa waktu lalu, kami dari pihak sekolah, warga dan pihak terkait turut mendukung program penanaman tanaman produktif. Hak ini seperti yang dilakukan Kementan, Dispaperta Batang, Perhutani dan lainnya Minggu lalu di sekitar sekolah. Dan kami juga mendapatkan bantuan bibit tanaman untuk ditanam di sekitar sekolah kami yang ada di lereng Gunung Sipandu, total ada kurang lebih 5.000 bibit,” jelas Kepala SMPN 4 Bawang, Mulud Sugito.

Dijelaskan, keikusertaan anak didiknya dilakukan sebagai sarana edukasi cinta lingkungan. Dengan harapan para pelajar bisa lebih peduli dan peka terhadap lingkungan sekitarnya. Sehingga dapat meminimalisir kerusakan yang terjadi di lingkungannya.

Menurutnya hal ini juga dirasa penting, terlebih sekitar awal tahun lalu ada beberapa musibah yang terjadi di sekitar lingkungan sekolah yang terletak di Desa Pranten Bawang ini. Seperti banjir bandang dan juga longsor.

“Jadi sebelumnya, di sini ada longsor dan juga banjir bandang. Dan itu juga bisa terjadi ketika anak-anak sekolah. Sehingga dengan adanya kejadian itu, kami ingin anak didik kami, tau bagaimana cara mencegah agar hal tersebut tidak terulang lagi. Setidaknya mampu meminimalisir, dengan cara ikut serta menjaganya kelestarian alam sekitar,” harapnya. (nov)