Dukung Pemulihan Ekonomi Dampak COVID-19, Wanita Tani Dibantu Peralatan Pengolahan Empon-Empon

by
BANTUAN—Suasana serah terma bantuan alat pengolahan empon empon dalam rangka mendukung pemulihan ekonomi dampak Covid-19 kepada Kelompk Wanita Tani (KWT) Larasati, Desa Brokoh, Kecamatan Wonotunggal, Kabupaten Batang, Senin (24/08). Istimewa

*Pemprov Jawa Tengah Gandeng CSR PT Bhimasena Power Indonesia

BATANG—Pemerintah terus berupaya membantu pemulihan ekonomi dampak Covid-19 kepada masyarakat dan pelaku usaha kecil menengah. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) menggandeng program CSR PT Bhimasena Power Indonesia (PT BPI), dan Forum CSR BUMD Provinsi membantu kelompok usaha kecil menengah di wilayah Kabupaten Batang.

Bantuan ini merupakan stimulant yang diharapkan mempu meningkatkan usaha kecil masyarakat sehingga dapat memulihkan ekonomi masyarakat terdampak Covid-19. Menurut Erik Kristiono, S.IP., MM, Sekertaris DLHK Provinsi Jawa Tengah, program bantuan ini merupakan wujud kepedulian pemerintah dan perusahaan swasta untuk ikut andil meringankan beban masyarakat terdampak Covid-19.

“Bantuan CSR ini diharapkan bisa membantu dan meringankan beban, serta mampu memulihkan perekonomian masyarakat terdampak Covid-19.”kata Erik Kristiono, S.IP., MM., usai menyerahkan bantuan peralatan pengolahan empon-empon kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) Larasati, Desa Brokoh, Kecamatan Wonotunggal, Kabupaten Batang, Senin (24/08).

Lebih lanjut dijelaskan, bahwa bantuan CSR PT Bhimasena Power Indonesia dan Forum CSR BUMD Provinsi yang bekerjasama dengan DLHK Provinsi Jawa Tengah berupa mesin perajang atau parut empon-empon, mesin pres, mesin pembuat powder, show case (pendingin), dan lemari etalase.

“Semua peralatan yang diberikan kepada KWT Larasati menggunakan disel dan listrik, sehingga mereka bisa lebih maksimal produksinya, karena tidak lagi menggunakan peralatan manual.”tegas Sekertaris DLHK Provinsi Jawa Tengah.

Kepala Desa Brokoh, Mukmin juga mengaku sangat senang atas pemberian bantuan program CSR ini kepada masyarakat yang saat ini terdampak Covid-19. Mukmin juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi, CSR PT BPI dan Forum CSR BUMD Provinsi yang telah peduli kepada warganya.

Sementara itu, Purwati, Ketua Kelompok Wanita Tani (KWT) Larasati, Desa Brokoh, Kecamatan Wonotunggal, Kabupaten Batang, berharap dengan bantuan ini bisa meningkatkan produksi usahanya, baik jumlah produksi maupun kualitasnya. 

“Selain bantuan peralatan untuk produksi, kami berharap ada pendampingan melalui pelatihan pengolahan secara higenis, packing, pemasaran, ijin usaha POM, setifikat Halal, dan sampai pada pembentukan koperasi. ‘Ungkap Purwati, ketua KWT Larasati, Desa Brokoh, usai menerima bantuan, di Balai Desa Brokoh, Kecamatan Wonotunggal.

Direktur Operasional PT Bhimasena Power Indonesia, Shiroki Yamashita mengatakan, bahwa sejak pandemi Covid-19, perusahaan telah melakukan berbagai macam bantuan dan kegiatan yang mendukung penanggulangan dan penanganan penyebaran Covid-19. Mulai dari lingkungan desa-desa di sekitar pembangunan PLTU Jawa Tengah 2 x 1.000 MW hingga di sejumlah titik Kabupaten Batang.

“Kami telah menyalurkan bantuan penanganan dan penanggulangan penyebaran Covid-19 berupa Rumah Karantina di Desa Ujungnegoro, hand sanitizer, peralatan APD, masker, tempat cuci tangan di sejumlah balai desa dan titik-titik keramaian, dan peyemprotan desinfektan secara rutin. “Kata Shiroki Yamashita.

Lebih lanjut dijelaskan, bahwa secara internal PT BPI dan para kontraktor telah menerapkan dan melakukan protokol kesehatan secara ketat. Seluruh pekerja maupun tamu yang masuk ke area proyek, harus mematuhi protokol kesehatan, baik menggunakan masker, pengecekan suhu badan yang menggunakan peralatan otomatis, thermo cam yang dipasang dipintu masuk area proyek.

“Phisycal distancing, penyedian hand sanitezer, tempat cuci tangan, pengecekan suhu badan setiap hari, dan penyemprotan desinfektan secara rutin, baik ruang kerja, lingkungan, maupun kendaraan operasional.”tegas Shiroki Yamashita. (don)