Wanita Tulang Punggung di Kabupaten Pekalongan dapat Bantuan Sosial

by
BANTUAN SOSIAL - Bupati Asip Kholbihi menyerahkan bantuan sosial kepada wanita rawan sosial ekonomi berupa alat penunjang kerja, kemarin.

KAJEN – Sebanyak 70 fakir miskin dan wanita rawan sosial ekonomi (WRSE) mendapat bantuan sosial berupa alat penunjang kerja.
Bantuan ini secara simbolis diberikan oleh Bupati Asip Kholbihi di Dinas Sosial Kabupaten Pekalongan, Kamis (27/8/2020).

Bupati Asip Kholbihi, menerangkan, bantuan sosial ini ditujukan untuk memicu pemulihan kondisi ekonomi di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, utamanya bagi para wanita rawan sosial ekonomi karena mereka menjadi tulang punggung pencari nafkah di keluarganya.

‘’Pemerintah Kabupaten Pekalongan dalam rangka mengantisipasi dan merecovery secara sosial terhadap dampak Covid-19 adalah memberikan bantuan untuk fakir miskin, kemudian wanita rawan sosial ekonomi,“ ujar Bupati.

Dijelaskan, wanita rawan sosial ekonomi adalah seorang ibu rumah tangga yang menjadi pilar pencari nafkah di keluarganya karena satu dan lain hal, seperti suaminya meninggal, merantau, atau sakit.

Para penerima bantuan diharapkan bisa memanfaatkan alat penunjang kerja sebagai modal usaha dengan sebaik mungkin. ‘’Jadi bantuannya sesuai dengan kebutuhan berupa alat-alat penunjang pekerjaan. Ada yang butuh mesin jahit untuk menjahit di rumah, ada yang butuh gerobak, ada yang butuh almari dan macem-macem,’’ jelasnya.

Semua upaya itu dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Pekalongan sesuai instruksi dari pemerintah pusat untuk tetap melaksanakan usaha rem dan gas dalam rangka penanggulangan dampak sosial dan ekonomi pandemi Covid-19. “Jadi laju ekonomi tetap jalan dan penyebaran virus bisa kita hentikan,’’ ungkapnya.(had)