SEHARI, ADA 14 CORONA

oleh -
LANGGAR PROTOKOL KESEHATAN - Masyarakat masih banyak yang tidak mematuhi protokol kesehatan padahal kasus Covid-19 terus bertambah. Salah satunya saat beraktivitas harus memakai masker.

**Hajatan Mulai Sumbang Penyebaran Kasus

KAJEN – Kasus terkonfirmasi Covid-19 mengalami lonjakan cukup tinggi, Kamis (27/8/2020). Dalam satu hari saja, ada penambahan hingga 14 kasus baru.

Hingga kemarin, total akumulasi terkonfirmasi Covid-19 di Kota Santri sudah ada 98 kasus. Dengan rincian, 17 orang dirawat, 44 orang sembuh, 30 orang menjalani isolasi mandiri, dan sudah ada 7 orang meninggal dunia. Padahal, sehari sebelumnya kasus terkonfirmasi Covid-19 masih di angka 84 kasus.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan Setiawan Dwiantoro, dikonfirmasi, kemarin, menyatakan, penambahan kasus yang cukup tinggi ini berasal dari kluster keluarga. “Hasil penambahan dari Wiradesa, Kedungwuni, Buaran, ada di Kesesi juga. Menyebar mas,” kata dia.

Dikatakan, rata-rata kasus Covid-19 di Kabupaten Pekalongan dari kluster keluarga. Ada satu orang di sebuah keluarga terkonfirmasi Covid-19 dan akhirnya menyebar ke anggota keluarga lainnya. Sehingga, dalam satu keluarga itu ada yang hingga empat orang atau lebih terpapar virus corona.

“Satu yang terkena akhirnya satu keluarga kena semua. Ini yang harus kita waspadai. Semua harus ikut menjaga,” ujar dia. Diakuinya, temuan kasus terbanyak di Kecamatan Wiradesa karena petugas di sana melakukan tracking secara masif dan tepat sasaran. Untuk itu, ia mengapresiasi kinerja jajarannya di Kecamatan Wiradesa.