Kendal, Covid-19 Tembus 510 Kasus

by
BERI KETERANGAN - Kepala Dinkes Kendal, Ferinando RAD Bonay, saat memberikan keterangan ke awak media.

**2021 akan Dilakukan Imunisasi Massal Vaksin Covid

KENDAL – Jumlah kasus positif Covid-19 di Kabupaten Kendal telah menembus 510 orang. Dari jumlah itu, 287 orang dinyatakan sembuh dan 191 orang masih menjalani perawatan. Sedangkan 32 orang meninggal dunia yang penyebabnya karena penyakit penyerta.

Karena itu, tahun depan Pemkab Kendal merencanakan program imunisasi massal vaksin Covid-19 di tahun 2021. Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat bahkan sudah mendata dan mengirimkan data tenaga kesehatan yang nantinya mendapatkan tugas melakukan imunisasi tersebut.

“Yang meninggal murni Covid-19 belum ada. Itu data hari ini (Kamis, kemarin). Yang meninggal penyebabnya adanya penyakit penyerta,” kata Kepala Dinkes Kendal, Ferinando RAD Bonay, Kamis (27/8/2020).

Terkait rapid test, pihanya sudah melakukan pengambilan terhadap 6.000 lebih sampel. Bahkan untuk tes swab, Dinkes juga telah melakukannya kepada ratusan warga, baik dari kalangan institusi Pemerintahan Kabupaten Kendal, tenaga medis, maupun masyarakat umum.

Berbekal alat polymerase chain reaction (PCR) pihaknya menarget 1.000 sampel pengambilan tes swab dalam sepekan. Artinya, maksimal 140 sampel swab dapat diujikan setiap harinya. “Yang kita waspadai betul klaster perkantoran dan transmisi lokal, ini yang paling bahaya,” terangnya.