Imbas Pandemi, Target Pajak Daerah Diturunkan

by
Bambang Supriyanto, Kepala BPKPAD Batang

BATANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang terpaksa menurunkan target nilai pendapatan dari sektor pajak daerah hingga 11 persen. Kebijakan itu diambil akibat imbas dari pandemi virus corona atau Covid-19 yang berkepanjangan.

“Ya, kita turunkan kurang lebih 11 persen, dari target semula Rp 79.975.000.000, kini turun menjadi Rp 60.745.526.225,” ungkap Kepala Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) Kabupaten Batang, Bambang Supriyanto, Selasa (25/8/2020).

Ia mengatakan, akibat pandemi Covid-19 sedikit banyak pemasukan pajak daerah yang diterima Pemkab Batang dari sektor swasta mengalami penurunan, khususnya dari sektor hiburan dan pariwisata.

“Semua mengalami penurunan sebenarnya, akan tetapi yang paling terpengaruh terhadap Covid-19 yaitu dari sektor hiburan dan pariwisata. Di mana intensitas orang bepergian kini berkurang, maka pemasukan pajak daerah pun ikut berkurang,” bebernya.

Menurutnya, pemasukan pajak daerah masih berjalan lancar di tengah pandemi Covid-19. Akan tetapi memang target perolehannya saja yang mengalami penurunan cukup banyak. “ Ya karena pandemi Covid-19 ini sangat berpengaruh terhadap penerimaan penerimaan di sektor swasta,” katanya.