Komisi B Tinjau Lokasi Pelabuhan Onshore

by
DISKUSI - Ketua Komisi B DPRD Kota Pekalongan, Abdul Rozak, berdiskusi dengan Kepala PPN Pekalongan, Agung Kurmawan, anggota Komisi B dan sejumlah pejabat dari DKP dan Bappeda.

KOTA – Komisi B DPRD Kota Pekalongan meninjau rencana lokasi pembangunan pelabuhan onshore di Kawasan Pantai Slamaran. Peninjauan dilakukan setelah sebelumnya Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI memberi sinyal positif terkait usulan Pemkot Pekalongan untuk melanjutkan proyek pembangunan pelabuhan onshore.

Dalam peninjauan tersebut, Komisi B didampingi sejumlah pejabat dari beberapa OPD yakni Dinas Kelautan dan Perikanan dan Bappeda. Serta hadir pihak PPN Pekalongan sebagai kepanjangan tangan KKP.

Dalam diskusi, Komisi B menyampaikan sejumlah masukan terkait desain pelabuhan onshore khususnya terkait dengan pembangunan break water. Usulan yang disampaikan Komisi B berpatokan pada hasil kajian yang dikerjakan kerjasama antara Pemkot Pekalongan dan perguruan tinggi beberapa tahun yang lalu.

“Sebagai masukan, harapan kami untuk desain break water bisa dibuat sesuai hasil kajian dari perguruan tinggi. Yakni dengan panjang break water sisi timur lebih panjang dari sisi barat. Kemudian ujung break water sisi timur agak dibelokan sedikit ke arah barat untuk menghadang sedimentasi dari timur laut,” tutur Ketua Komisi B, Abdul Rozak dalam diskusi.

Rencangan tersebut, lanjut Rozak, disesuaikan dengan kondisi arah aliran air dan angin di kawasan pantai Pekalongan yang berasal dari arah timur laut. Sehingga nantinya sedimentasi tidak masuk ke kawasan pelabuhan onshore yang rencananya akan dibangun di tepi laut. “Ini masukan dari kami yang harapannya bisa direalisasikan,” tambahnya.