Pelanggar Protokol Kesehatan Akan Diberi Sanksi Tegas

by
MASKER - Petugas Gugus Tugas Protokol Kesehatan memberikan masker kepada masyarakat, Senin (24/8/2020).

KOTA – Untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan, Pemkot Pekalongan telah menyiapkan aturan pemberian sanksi tegas bagi masyarakat yang tidak mengindahkan protokol kesehatan. Pembahasan soal aturan pemberian sejumlah sanksi ini mulai digodok setelah Walikota bakal menerbitkan Peraturan Walikota (Perwal) Nomor 48 Tahun 2020 mengenai pemberian sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan di Kota Pekalongan.

Wali Kota HM Saelany Machfudz SE mengatakan, penerapan aturan itu sebagai upaya peningkatan kedisiplinan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan. “Dengan adanya penerapan sanksi tersebut dapat membuat masyarakat makin menaati protokol kesehatan, sehingga angka penyebaran pandemi Covid-19 semakin dapat ditekan,” ucapnya.

Wali Kota mengajak para pemuka lintas agama mendukung keberhasilan dan kesuksesan kebijakan adaptasi kebiasaan baru (AKB) yang diterapkan Pemerintah. Dukungan ini diharapkan tetap ada meski angka kasus dan penyebaran Covid-19 mengalami penurunan di Kota Pekalongan.

“Dalam masa adaptasi kebiasaan baru ini, saya ingin mengajak para tokoh agama untuk tidak henti-hentinya mengingatkan para pemeluk agama agar mau memahami dan mematuhi protokol kesehatan yang dikeluarkan pemerintah,” tuturnya.

Menurut Wali Kota, kedisplinan ketat terhadap protokol kesehatan tidak bisa diganggu gugat. Apalagi, kegiatan ekonomi dan sosial sudah kembali dimulai. “Jadi, pergerakan ekonomi bisa berjalan dan (penyebaran) covid-19 bisa dikendalikan,” tandasnya.