Coklit Data, Ditemukan Pelanggaran

by
LAKUKAN - Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) saat lakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih.

KENDAL – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kendal menemukan beberapa pelanggaran dalam pelaksanaan pencocokan dan penelitian (coklit) data yang dilakukan PPDP. Temuan tersebut diantaranya rumah yang sudah dicoklit tidak ditempel stiker dan beberapa temuan data masih hidup dilaporkan mati atau sebaliknya. Namun semua sudah diberikan saran perbaikan ke KPU Kendal.

Divisi Pengawasan Bawaslu Kendal Ahmad Gozali mengatakan, dari hasil pengawasan pada tahapan coklit, pengawas desa menemukan beberapa pelanggaran. Namun itu semua sudah di selesaikan. Sebab tugas pengawas adalan memberikan surat saran perbaikan pada KPU selaku penyelenggara pemilu secara teknis.

“Petugas PPDP melakukan coklit data namun tidak dipasang setiker, sehingga ini menjadi temuan Bawaslu. Itu tidak satu atau dua rumah namun hampir semua desa mengalami itu,” katanya, Sabtu (22/8).

Diungkapkan, Bawaslu selaku penyelenggara pemilu dibidang pengawasan, selalu melakukan pengawasan KPU maupun para calon bupati dan wakil bupati.

“Data pemilih juga jadi sasaran pengawasan dari Bawaslu,” ungkapnya.
Ghozali berharap dengan adaya surat saran perbaikan terhadap KPU semua bisa ditindaklanjuti oleh KPU Kendal.

“Ada beberapa rumah yang belun dipasang stiker setelah diingatkan Bawaslu semua sudah dipasang ada beberapa rumah tidak dipasang karena pemilik rumah tidak berkenan untuk ditempel stiker,” tandasnya. (lid)