Ketua DPRD: Kepentingan Umum Lebih Utama

by
Ketua DPRD Kota Pekalongan, Balgis Diab.

*Terkait Sengketa Tanah Pasar Banjarsari

KOTA – DPRD Kota Pekalongan mendukung langkah Pemkot yang akan dibantu Kejati Jawa Tengah dan KPK dalam menyelesaikan sengketa tanah Pasar Banjarsari. DPRD berharap dengan bantuan dari dua institusi tersebut, masalah sengketa lahan akan segera rampung dan Pasar Banjarsari dapat dibangun kembali.

“Dalam rapat kemarin ditegaskan bahwa agar masalah yang ada di Pasar Banjarsari yakni terkait sengketa lahan bisa segera diatasi dan pasar bisa dibangun lagi. Selama ini yang menjadi masalah memang terkait lahan dengan pihak ketiga,” tutur Ketua DPRD Kota Pekalongan, Balgis Diab.

Menurut Balgis, sudah seharusnya lahan tersebut bisa dikembalikan kepada Pemkot Pekalongan demi kepentingan umum. Mengingat peristiwa yang terjadi, yakni kebakaran, merupakan force majeur. “Akan dilakukan kajian terkait sengketa tersebut. Karena bagaimanapun kepentingan umum tidak boleh kalah dengan kepentingan perorangan,” tambah Balgis.

Tidak terbangunnya Pasar Banjarsari selama tiga tahun terakhir, menurut Balgis juga berpengaruh besar terhadap berbagai aspek termasuk kinerja dalam penganggaran yang merupakan tupoksi DPRD. Karena setiap tahun DPRD selalu menganggarkan pembangunan Pasar Banjarsari namun selalu tidak terealisasi karena adanya sengketa lahan.

“Selain itu, masalah tersebut juga mengganggu ekonomi kerakyakatan di mana ada lebih dari 3.000 pedagang yang bergantung pada Pasar Banjarsari dan kini terpaksa menempati pasar darurat. Juga terkait dengan pendapatan daerah, retribusi pedagang Pasar Banjarsari juga menyumbang cukup signifikan terhadap PAD. Namun potensi itu hilang selama tiga tahun terakhir,” tandasnya.(nul)