Media Massa Berperan Penting Tangkal Hoaks Pilkada

by
DISKUSI - Bid Humas Polda Jateng menyelenggarakan FGD dengan tema Meningkatkan Peran Media Massa dalam Mendukung Tugas Polri Guna Terwujudnya Pilkada Serentak tahun 2020 yang Aman dan Damai di Tengah Pandemi Covid-19 di Hotel Wujil, Ungaran, Rabu (19/8/2020).

KOTA – Media massa punya peranan penting untuk membendung berita hoaks maupun ‘black campaign’ menjelang Pilkada serentak di Jawa Tengah pada Desember mendatang. Media massa harus mampu memberikan pemahaman kepada masyarakat agar tidak termakan isu-isu hoaks yang dapat mengganggu kamtibmas.

Demikian disampaikan Kasubbid Penerangan Masyarakat (Penmas) Bidhumas Polda Jateng AKBP R Fidel Purno Timuranto, dalam Focus Group Discussion dengan tema Meningkatkan Peran Media Massa dalam Mendukung Tugas Polri Guna Terwujudnya Pilkada Serentak tahun 2020 yang Aman dan Damai di Tengah Pandemi Covid-19 yang diselenggarakan Bid Humas Polda Jateng di Hotel Wujil, Ungaran, Rabu (19/8/2020).

FGD ini diikuti para Kasubbag Humas dari 21 Polres jajaran Polda Jateng yang wilayahnya menyelenggarakan Pilkada serentak pada Desember mendatang. Kegiatan ini juga diikuti perwakilan awak media baik cetak, elektronik, maupun online dari 21 kabupaten/kota di Jateng serta perwakilan mahasiswa.

AKBP Fidel menjelaskan, saat ini tahapan pilkada serentak sedang berjalan. Berbeda dengan pelaksanaan pemilu atau pilkada sebelumnya, pilkada kali ini dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19.

Maka dari itu, semua pihak harus cerdas dalam menyikapi berbagai perkembangan situasi. Termasuk pula kalangan media. Media massa diharapkan mampu menyikapi hoaks dan kabar bohong yang rawan muncul saat Pilkada nanti. Di sisi lain, masyarakat juga harus cerdas dalam memilih informasi.