Petanesia Diharapkan Tiru Peranan Ormas Di Zaman Perjuangan

by
BUKA KEGIATAN - Habib Lutfi bin Ali bin Yahya saat memukul gong tanda dibukanya kegiatan pelantikan sekaligus Mukernas pertama Petanesia.

KOTA – Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Pecinta Tanah Air Indonesia (Petanesia), resmi dilantik pada Rabu (19/8/2020) malam di Gedung Kanzus Sholawat, Kota Pekalongan. Pelantikan dilakukan oleh Anggota Dewan Fatwa Kebangsaan Petanesia, Bambang Bintoro dan disaksikan oleh Ketua Dewan Fatwa, Habib Lutfi bin Ali bin Yahya.

Kegiatan pelantikan yang sekaligus dirangkai dengan pembukaan Musyawarah Kerja Nasional (Muskernas) pertama tersebut, dihadiri pula oleh Staf Khusus Menteri Dalam Negeri RI, Apep Fajar Kurniawan. Dalam sambutannya, Apep mengatakan, jika menilik peran ormas di zaman perjuangan sangatlah besar.

“Sejak era kemerdekaan, kita menjadi pengenang sejara. Di mana kita juga mengetahui bagaimana peran ormas, mulai Boedi Oetomo, NU, Muhammadiyah dan ormas lainnya punya peranan besar dalam perjuangan kemerdekaan. Bahkan, ormas menjadi elemen penting dalam menghantarkan kemerdekaan Indonesia,” tuturnya.

Apep melanjutkan, yang terpenting adalah kita tidak hanya menjadi pengenang saja namun harus terjun untuk mengukir sejarah. “Salah satunya adalah Petanesia yang kami harapkan bisa menjadi pelaku sejarah saat ini sehingga bisa dikenang oleh generasi mendatang,” harapnya.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Tengah, Haerudin juga berharap agar Petanesia bisa segera nyetel dan nyawiji dengan Pemprov Jawa Tengah untuk bersama membangun negeri ini.