Tiga Sarana Air Bersih Bakal Dikelola BUMDes

by
Kepala Desa Blimbingwuluh, Riyanto.

SIWALAN – Guna meningkatkan pengelolaan potensi desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat, tiga sarana air bersih di Desa Blimbingwuluh, Kecamatan Siwalan akan dikelola secara profesional oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Dijelaskan Kepala Desa tiga periode di Desa Blimbingwuluh, Kecamatan Siwalan, Riyanto saat ditemui Radar di kantornya, Selasa (18/8/2020) kemarin, pihaknya terus berkreasi dan berinovasi menata desa, baik dalam hal pembangunan fisik maupun Sumber Daya Manusia (SDM) guna meningkatkan potensi ekonomi masyarakat.

“Kebetulan, di desa kami ada tiga sarana air bersih, hasil DAK tahun 2013, Pamsimas tahun 2015, dan program DAK lagi tahun 2018,” ungkapnya.

Dijelaskan Riyanto yang juga menjabat Ketua Paguyuban Kepala Desa Kecamatan Siwalan, bahwa dari pengelolan tiga sarana air bersih di desanya telah ada sebanyak Rp 95 juta pada pembukuan tahun 2019.

“Termasuk UP2K (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga -red) dengan penyertaan dari anggaran dana desa akan kita masukkan ke dalam wadah usaha simpan pinjam kepada warga. Program ini diharapkan bisa membantu meringankan beban masyarakat di tengah banyaknya jasa simpan pinjam yang menjerat ekonomi warga,” tegas Riyanto.