Semarakkan HUT Kemerdekaan, Desa Sokoyoso Gelar Lomba Bola Berdaster dan K3T

by

KAJEN – Pandemi Covid-19 tak menyurutkan semangat warga Desa Sokoyoso, Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan untuk menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI ke-75.

Berbagai kegiatan dan perlombaan digelar di desa itu. Di antaranya, lomba bola berdaster, lomba badminton, lomba keindahan, kebersihan, dan keserasian tanggap Covid-19 (K3T), aneka lomba berbasis online hingga lomba tumpeng, dan kegiatan malam tirakatan.

Salah satu kegiatan yang menarik perhatian warga adalah lomba bola berdaster yang diikuti bapak-bapak di desa itu. Selain seru, lomba yang digelar di lapangan desa setempat ini pun mampu mengundang gelak tawa warga. Dalam pertandingan bola berdaster, tim kepala desa dibantai 8-1 oleh tim perangkat desa.



Salah satu panitia kegiatan Dwiyanto Arjun Wibowo didampingi Kepala Desa Sokoyoso Herlambang, dan Ketua PKK Desa Sukoyoso, Dewi Andriyanti, Sabtu (15/8/2020) sore, menyatakan, meskipun di tengah pandemi Covid-19, semarak HUT Kemerdekaan RI ke-75 tetap terasa di Desa Sokoyoso. Berbagai kegiatan digelar di desa itu dengan mematuhi protokol kesehatan.

“Salah satunya yang barusan kita saksikan bersama lomba sepakbola bapak-bapak berdaster,” ujar Dwiyanto Arjun Wibowo.

Di tengah pandemi Covid-19, lanjut dia, dalam rangka menyemarakkan HUT Kemerdekaan tahun 2020 digelar lomba K3T, yakni lomba keindahan, kebersihan, keserasian tanggap Covid-19.

“Lomba K3T tujuannya untuk tanggap dengan covid. Lingkungannya bersih, dan menyiapkan instrumen-instrumen untuk tanggap Covid-19,” kata dia.

Selain itu, berbagai lomba berbasis online juga dilaksanakan untuk memperkecil tingkat kerumunan massa. Disebutkan, lomba berbasis online diantaranya adalah lomba karaoke, menyanyikan lagu kebangsaan dan budaya anak-anak, serta lomba senam corona.

“Puncak kegiatan ada lomba tumpeng dan tirakatan,” ujarnya.

Menurutnya, tujuan digelar kegiatan itu agar masyarakat di masa pandemi tetap semarak merayakan kemerdekaan. Sehingga, lanjut dia, warga tetap bersatu. Tujuan lainnya, dengan kegiatan olahraga warga bisa menjaga kesehatannya. (had)