Bupati Asip Resmikan Pasar Jajan ‘KARAMEL’ Desa Curug Kecamatan Tirto

by

KAJEN – Bupati Pekalongan Asip Kholbihi meresmikan Pasar BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) Desa Curug Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan, Jumat (14/8/2020).

Dalam sambutannya Bupati Asip mengatakan dengan adanya pasar BUMDes yang dinamai Pasar Jajan ‘Karamel’ di Dukuh Karang Melik Desa Curug tersebut bisa bermanfaat serta bisa menjadi sarana edukasi untuk memberdayakan masyarakat semua dalam mengelola sarana desa.

“Karena pembangunan BUMDes ini menggunakan Dana Desa yang merupakan dana dari Pemerintah yang harus dikelola sebaik-baiknya, sehingga dapat memberikan manfaat,” ujar Bupati Asip.

Disamping itu Bupati Asip menyarankan para pedagang harus mengutamakan kebersihan.

“Barang yang dijual dan tempatnya harus bersih dan sehat, dan juga harus tertib, kalau bersih pembeli datang, tapi kalau kotor yang datang lalat, dan makanannya di jaga kualitasnya, tolong di tata dilihat dan disesuaikan,” ucapnya.

Bupati Asip berharap pasar yang dikelola anak-anak pengelola BUMDes ini jadi pasar rakyat, serta menjadi pasar BUMDes yang cukup memadai dan bisa menjadi pertukaran ekonomi, tanpa melihat skala besar atau kecil yang penting dimulai dulu, karena pasar besar dimulai dari pasar kecil.

Diharapkan pula hal ini bisa menjadi percontohan bagi pasar-pasar BUMDes yang lain sehingga BUMDes di Kabupaten Pekalongan agar semakin maju.

Kemudian di Tirto juga akan di bangun Pasar Tanjung yang dulu pernah ada namun sekian lama vakum, berdasarkan musyawarah dengan Pemkab Pekalongan maka akan dibuka dan dikembangkan kembali.

“Karena Kecamatan Tirto ini tidak punya pasar sehingga ekonomi harus disiapkan, dan masyarakat Tirto ini sebagian ada di sektor industri batik dan konveksi, kemudian juga pengelola kebun dan poertanian, serta ada juga pabrik. Hal inilah yang bisa didayagunakan sehingga putaran ekonomi cukup baik dan kehadiran pasar sangat penting untuk memantik perekonomian di Kecamatan Tirto,” pungkasnya.