Ruas Jl WR Supratman Panjang Wetan masih Tergenang

by
GENANGAN- Genangan air yang nampak tak surut di jalan WR. Supratman, Kamis (13/8/2020).

*Diduga Karena Tertutupnya Drainase

PANJANG WETAN – Kondisi saluran air atau drainase di sebagian ruas Jalan WR Supratman Kelurahan Panjang Wetan ditutup beton bahkan dicor. Hal ini mengakibatkan ruas jalan sering digenangi air layaknya banjir yang sulit surut.

Belum lagi, ada lubang di tengah jalan yang juga tertutup genangan air. Kondisi ini tentu membahayakan pengguna jalan, karena bisa memicu kecelakaan. Permasalahan tersebut bukan tanpa penanganan, karena baik pemerintah pudat hingga kelurahan juga telah mencoba mengatasinya.

Namun poinnya bukan itu saja, tetapi juga kurangnya kesadaran warga sendiri yang membiarkan saluran drainase tertutup, sehingga menjadi penyebab jalanan tergenang. Penutupan saluran juga menyulitkan upaya pembersihan hingga pengerukan lumpur dan sampah, sehingga air mudah meluap ke jalan utama.

Hal ini diungkapkan Kartoyo, Lurah Panjang Wetan, Kecamatan Pekalongan Utara, ketika ditemui di kantornya, Kamis (13/8/2020). “Kami minta warga jangan menutup saluran airnya. Mau bagaimanapun saluran air itu adalah jalan masuk ke drainase, setelah dicor semua seperti itu bagaimana air mau mengalir coba. Bisa dibilang ulah sendiri yah kena akibatnya sendiri tentunya. Kejadian seperti ini bisa jadi syok terapi buat mereka,” tandasnya.

Dijelaskan Kartoyo, bahwa masalah utamanya adalah karena penutupan saluran sendiri sudah berlangsung lama, bahkan hampir keseluruhan tertutup. “Jadi kalau ada apa-apa, pasti tergenang air lebih besar dari yang lain,” tukasnya.