Jika Satu Calon, Akan Lawan Tong Kosong

by

*Pendaftaran Cawalkot Dibuka 4 September

KOTA – Waktu pendaftaran bakal calon wali kota dan wakil wali kota dalam Pilwalkot Kota Pekalongan tahun 2020 semakin mendekat. Tak kurang dari sebulan ke depan, tahapan pendaftaran akan mulai dibuka yakni pada 4 September sampai 6 September 2020 mendatang.

Sejauh ini, baru satu pasangan bakal calon yang sudah mendeklarasikan diri untuk maju dalam Pilwalkot. Namun melihat komposisi kursi di DPRD, masih ada kemungkinan muncul calon lain. Lantas bagaimana jika sampai pendaftaran ditutup hanya ada satu calon yang mendaftar?, Pilwalkot akan digelar dengancalon tunggal yang akan melawan tong kosong.

“Kalau hanya satu calon yang mendaftar maka akan menjadi calon tunggal dan diteruskan dengan melawan kolom kosong,” ungkap Komisioner KPU Divisi Teknis, Fajar Randi Yogananda, kemarin.

Namun sebelum diputuskan menjadi calon tunggal, akan ada tahapan perpanjangan pendaftaran yang dibuka mulai 11 September sampai 13 Septembeer 2020.

“Jadi tahapannya pendaftaran akan dibuka pada 4 September sampai 6 September 2020. Kemudian jika hanya ada satu pendaftar, maka tanggal 7 September dilakukan penundaan terlebih dahulu dan pada 8 September hingga 10 September akan dilakukan sosialisasi. Baru pada tanggal 11 September hingga 13 September akan dilakukan perpanjangan pendaftaran dan jika tetap hanya ada satu calon maka diteruskan dengan melawan kolom kosong. Penetapan calon akan diumumkan pada 23 September 2020,” jelasnya.