Dua kepala OPD Positif Covid-19

by
KASUS TERPAPAR-Kasus positif Covid-19, tak hanya terjadi di perkantoran lingkungan Setda Kendal, namun juga terjadi di perkantoran lainnya di luar lingkungan Setda. Seperti di Kantor Inspektorat dan Dinarpus.

**Saat Ini Tercatat Ada 27 Positif Covid-19
**Pegawai Bakeuda dan Baperlitban Banyak Terpapar

KENDAL – Kasus Covid-19 di Kabupaten Kendal terus naik. Saat ini penyebaran Covid-19 tak hanya terjadi di perkantoran lingkungan Setda Kendal, tetapi juga sudah merambah ke luar perkantoran lainnya. Berdasarkan informasi, saat ini jumlah pasien yang positif Covid-19 tercatat ada 27 kasus. Dua diantaranya yang terpapar Covid-19 kepala dinas (Kadis) atau organisasi perangkat daerah (OPD). Klaster perkantoran terbanyak yang pegawainya terpapar positif Covid-19 adalah Kantor Bakeuda dan Baperlitbang.

Hal itu dibenarkan Sekda Kendal Moh Toha, Kamis (13/8/2020). “Iya, ada dua Kepala OPD yang terpapar positif Covid-19. Yakni Kepala Baperlitbang dan Kepala Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus). Sudah kami lakukan penyemprotan disinfektan untuk pencegahan penyebarannya Covid-19. Selama dua hari, hari ini dan besok Kantor Dinarpus pelayanannya ditutup sementara,” kata.



Sekda mengungkapkan, perkantoran di lingkungan Setda Kendal menjadi klaster baru penyebaran Covid-19. Sebagai tindakan preventif dan represif mencegah penyebaran Covid-19, Pemkab Kendal mengambil langkah dengan memberlakukan pelayanan tatap muka perkantoran ditutup sementara selama dua hari. Saat ini kasus Covid-19 mengalami penambahan. Ironisnya, penyebaran tak hanya terjadi di perkantoran lingkungan setda Kendal, namun terjadi di perkantoran lainnya di luar Setda Kendal.

“Ditambah hasil swab kemarin. Jumlah kasus terpapar positif covid-19 di perkantoran lingkungan Setda Kendal mencapai 24 orang. Sedangkan kantor di luar Setda ada Kantor Inspektorat 2 kasus dan Kantor Dinarpus 1 kasus,” ungkapnya.

Moh Toha menyatakan, awalnya hanya memberlakukan sistem kerja secara work from home (WFH) pegawai secara bergantian. Melihat pegawai yang positif Covid-19 semakin bertambah, Pemkab Kendal melakukan kebijakan dengan meniadakan pelayanan tatap muka di seluruh kantor OPD di lingkungan Setda Kendal. Kasus positif covid-19 di perkantoran lingkungan Setda Kendal sebanyak 24 orang. Yakni Bakeuda 14 orang, Bagian Umum Setda 2 orang, Pembangunan Setda 2 orang, Kominfo 1 orang dan Baperlitbang 5 orang. Sedangkan perkantoran di luar setda Kendal, yakni Inspektorat 2 orang dan Dinarpus 1 orang.