Bela Negara, Rekrutmen Komcad Resmi Dibuka

by
SOSIALISASI - Kasdim 0736/Batang Mayor Inf. Raji melaksanakan sosialisasi rekrutmen Komcad Matra Darat di SMK Muhammadiyah Bawang.

Diungkapkan juga oleh Raji, bahwa warga sipil yang mendaftar Komcad Matra Darat, maka akan mengikuti pelatihan dasar kemiliteran selama satu bulan. Adapun semua biaya akan ditangung oleh negara, mulai dari makan, tidur, dan seragam.

“Rencananya, dalam rekrutmen tahap pertama nantinya akan menyasar kalangan milenial usia 18-35 tahun. Rekrutmen ini bersifat terbuka, alias siapa saja boleh mendaftar dan minimal tamatan Sekolah Dasar, asalkan memenuhi syarat. Jika minat, silahkan laporkan data diri ke Babinsa setempat atau Koramil setempat,” imbuhnya.

Komcad ini, kata dia, akan bergerak atau digunakan dalam keadaan negara sedang darurat, dan setelah negara ini dinyatakan aman, maka Komcad akan dikembalikan seperti biasanya, di profesinya masing-masing.

Warga sipil yang mendaftarkan diri dan lolos seleksi nantinya akan mendapatkan beberapa keuntungan. Seperti belajar dasar-dasar militer sampai mendapatkan uang saku, perlengkapan militer, asuransi dan jaminan kesehatan.

Komcad ini dibagi dalam tiga matra, yakni Udara, Laut dan Darat. Komcad merupakan elemen di luar TNI sama halnya dengan komponen pendukung. Sedangkan komponen pertahanan utama nasional adalah TNI. (fel)