Bela Negara, Rekrutmen Komcad Resmi Dibuka

by
SOSIALISASI - Kasdim 0736/Batang Mayor Inf. Raji melaksanakan sosialisasi rekrutmen Komcad Matra Darat di SMK Muhammadiyah Bawang.

BATANG – Untuk memperkuat pertahanan nasional, terutama saat darurat, Kementrian Pertahanan (Kemenhan) membuka pendaftaran rekrutmen Komponen Cadangan (Komcad) yang berlangsung sejak 1 – 29 Agustus 2020.

Kasdim 0736/Batang, Mayor Inf Raji memyampaikan, bahwa satuan ini akan dibentuk seperti sukarelawan yang akan dibekali pendidikan militer. Rekrutmen ini terbuka untuk umum, namun dibatasi untuk rentang usia 18-35 tahun.

“Komcad disiapkan untuk memperbesar dan memperkuat komponen pertahanan negara serta kemampuan Komponen Utama TNI dalam menghadapi ancaman militer,” ungkapnya, usai melaksanakan sosialisasi rekrutmen Komcad Matra Darat di SMK Muhammadiyah Bawang, kemarin.

Ia mengatakan, perekrutan warga sipil dalam Komcad dilaksanakan berdasarkan UU No 13 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional (PSDN) untuk pertahanan negara.

“Komponen ini nanti akan jadi yang perdana, karena diatur secara legal. Dan sosialisasi perekrutan Komcad ini atas dasar perintah dari atasan. Kita sebagai warga negara wajib membela negara, di saat negara sudah terancam,” ujarnya.