Sidang Putusan Akan Digelar Terbuka

by

*Kasus Pembunuhan Remaja di Bantaran Sungai

KOTA – Pengadilan Negeri (PN) Pekalongan, PN Pekalongan hari ini, Kamis (13/8/2020) akan menggelar sidang lanjutan Pidana Khusus Anak perkara pembunuhan terhadap remaja di bantaran Sungai Banger Lama, Krapyak, Pekalongan Utara, dengan agenda Pembacaan Putusan atau vonis. Jadwal sidang ini sudah dicantumkan pada laman Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) PN Pekalongan, kemarin.

Ada dua Anak yang disidang dalam perkara ini. Mereka yakni KNP alias NK (17) dan S (16). KNP akan disidang dalam berkas perkara Nomor 8/Pid.Sus-Anak/2020/PN Pkl. Sementara S disidang dalam berkas perkara Nomor 7/Pid.Sus-Anak/2020/PN Pkl.

Berbeda dengan tahap persidangan perkara ini yang sebelumnya digelar secara tertutup, pada sidang pembacaan putusan majelis hakim kali ini akan digelar secara terbuka untuk umum. Namun, lantaran masih dalam masa pandemi Covid-19, sidang putusan kemungkinan akan tetap dilakukan secara virtual atau daring.

Humas PN Pekalongan, Rudy Setyawan SH, saat dikonfirmasi Radar Pekalongan pada Rabu (12/8/2020) petang, membenarkan hal ini. “Pada prinsipnya pembacaan putusan harus terbuka untuk umum. Namun untuk masa pandemi begini, teknisnya mungkin masih tetap secara virtual,” jelas Rudy.

Pelaksanaan Sidang Anak ini mengacu pada Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak (UU SPPA). Persidangan dilakukan tertutup untuk umum, kecuali saat pembacaan putusan. Sebagaimana diatur dalam Pasal 54 UU SPPA yang berbunyi, “Hakim memeriksa perkara Anak dalam sidang yang dinyatakan tertutup untuk umum, kecuali pembacaan putusan.”