Pilkada, Dimungkinkan Ada Empat Paslon

by

**Berdasarkan Hasil Perolehan Kursi Partai

KENDAL – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020, Kabupaten Kendal berpeluang diikuti empat pasangan calon (paslon). Hal itu berdasar melihat hasil perolehan kursi di DPRD Kendal pada Pemilu Legislatif 2019. Meski demikian, hingga kemarin belum terdapat bakal calon yang mendapat rekomendasi dari partai politik manapun.

Hal itu dibenarkan Ketua KPU Kendal, Hevy Indah Oktaria , Rabu (12/8/2020). “Bisa jadi diikuti empat paslon. Namun politik itu dinamis. Setiap saat bisa berubah. Jumlah paslon bisa diketahui setelah penetapan oleh KPU pada 23 September mendatang,” katanya.

Sekadar untuk diketahui, hasil Pemilu Legislatif 2019 PKB menjadi pemenang dengan meraih 10, PDI Perjuangan yang juga meraih 10 kursi. Setelah itu diikuti Gerindra 6 kursi, PPP 5 kursi, Golkar 3 kursi, PAN 3 kursi, Demokrat 3 kursi, PKS 2 kursi, Nasdem 2 kursi, dan Perindo 1 kursi.

Hal senada diungkapkan Divisi Teknis dan Penyelenggaraan KPU Kendal Rokhimudin. Kata dia, syarat parpol dapat mengusung calon yakni 20 persen dari jumlah kursi di DPRD Kendal atau 25 persen dari perolehan suara sah hasil pemilu 2019.

“Jumlah kursi di DPRD Kendal sebanyak 45 kursi,” ungkapnya.
Dikatakan, syarat minimal parpol bisa mengusung calon minimal terdapat sembilan kursi atau sekitar 146.466 perolehan suara sah.
“Bisa koalisi bagi parpol yang perolehan kursinya tidak memenuhi syarat,” terangnya.