Razia 45 Menit, 160 Pelanggar Ditindak

by
BERSIHKAN LINGKUNGAN - Warga yang terjaring razia protokol kesehatan diberi sanksi membersihkan lingkungan di sekitar Kantor Kecamatan Karanganyar, kemarin.

**Diminta Bersih Lingkungan Hingga Menyanyikan Lagu Kebangsaan

KARANGANYAR – Pandemi Covid-19 belum sirna, bahkan kasus cenderung mengalami peningkatan. Mirisnya, tingkat kesadaran masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan justru cenderung menurun.

Hal itu dibuktikan dalam operasi protokol kesehatan di Simpang Tugu Durian Karanganyar, Rabu (12/8/2020) pagi. Dalam razia aparat gabungan dari Satpol PP, Dishub, Dinkes, Polri, dan TNI ini hanya dalam waktu 45 menit, petugas menjaring 160 pelanggar protokol kesehatan, yakni mereka tidak memakai masker.

Alasan para pelanggar pun bervariasi. Namun, sebagian besar dari mereka mengaku lupa, sehingga tidak memakai masker saat beraktivitas di luar rumah.

“Saya biasanya pakai tapi tadi lupa,” tutur Ida (46), salah satu warga yang terjaring tidak memakai masker.

Kabid Tibum Tranmas Satpol PP Syamsul Helmi, mengatakan, kegiatan itu merupakan hari kedua penegakan Peraturan Bupati Tentang Adaptasi Kebiasaan Baru. Di dalam Perbup itu, kata dia, salah satu pasal menyebutkan bagi masyarakat yang tidak disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan seperti tidak bermasker akan mendapatkan tindakan disiplin.