Bentuk Junjang Adminduk

by
PEMBEKALAN - Jajaran Dindukcapil tengah memberi pembekalan kepada Junjang Adminduk di Kecamatan Petungkriyono di Aula Gunung Lumbung Curug Bajing.

Di tengah pandemi Covid-19, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Pekalongan berinovasi dengan membentuk Junjang Adminduk. Terobosan baru ini dilakukan untuk memudahkan layanan dokumen administrasi kependudukan melalui aplikasi SIMPEL.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Pekalongan Abdul Baqi, Selasa (11/8/2020), menyampaikan, guna mendukung peningkatan kewaspadaan terhadap risiko penularan Covid-19, Dindukcapil Kabupaten Pekalongan telah mengoptimalkan layanan online melalui aplikasi SIMPEL atau layanan SIMPEL.

Dengan layanan tersebut, kata dia, masyarakat tidak perlu datang ke Dindukcapil, sehingga mengurangi tatap muka dan dapat mencegah penularan Covid-19.

“Semua layanan administrasi kependudukan dapat diakses melalui layanan SIMPEL dengan menggunakan smartphone (HP) maupun personal computer (PC), terkecuali perekaman KTP-el. Sampai dengan hari Senin, 8 Agustus 2020, jumlah layanan SIMPEL mencapai 40.389, dan telah diproses sejumlah 39.004,” terang dia.

Diakuinya, tidak semua masyarakat dapat menggunakan aplikasi tersebut, baik karena kendala jaringan internet maupun pemahaman dalam menggunakan layanan SIMPEL, terutama masyarakat di wilayah atas. Oleh karena itu, Dindukcapil melakukan inovasi layanan dengan menunjuk perangkat desa oleh kepala desa untuk memfasilitasi masyarakat di wilayahnya dalam pelayanan administrasi kependudukan.