Bawaslu Gandeng Diskominfo, Pengawasan Partisipatif Diharap Meningkat

by
KERJA SAMA - Bawaslu Batang saat melakukan penandatanganan MoU dengan Diskominfo Batang.

BATANG – Bawaslu Kabupaten Batang melakukan penandatangan Nota Kesepahaman / MoU dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Batang, di Kantor Sekretariat Bawaslu, Senin (10/08/20). Kerja sama ini dilakukan dalam rangka sinergitas publikasi kegiatan kepemiluan dan demokrasi di Kabupaten Batang.

Ketua Bawaslu Batang, Achmad Soeharto menyampaikan, MoU ini merupakan hal yang sangat urgent bagi Bawaslu, karena dengan keterbatasan jumlah SDM, Bawaslu perlu melakukan pengawasan partisipatif dengan menggandeng masyarakat melalui kerjasama dengan Diskominfo.

“Saat ini merupakan revolusi Industri 4.0 Era digital, maka sosialisasi di media sosial/media massa sangat strategis dilakukan. Menjalin hubungan kerjasama dengan Diskominfo sangat dibutuhkan dalam hal ini. Sinergitas antara stakeholder dalam mewujudkan pemilu dan pilkada yang berkualitas, bermartabat dan berkeadilan adalah perjuangan yang luar biasa dan harus kita lakukan bersama,” ujar Harto.

Kepala Diskominfo Batang, Jamal Abdul Naser mengaku, pihaknya senantiasa mendukung Bawaslu dalam penyelenggaraan pemilu maupun pilkada. “Kami siap melaksanakan kerjasama ini. Sinergi semacam ini memang diperlukan integrasi, kolaborasi dan kerja tim bersama, mengingat tugas Bawaslu tidaklah ringan untuk desiminasi, publikasi pada masyarakat. Sehingga Kerjasama ini diharapkan dapat mencerdaskan masyarakat terkait pemilu dan demokrasi, khususnya di Kabupaten Batang,” tutur Jamal.

Menurut Jamal, kerja sama ini tentunya bermanfaat, menjadi wadah pemahaman demokrasi bagi masyarakat. “Apalagi masyarakat perlu pemahaman tentang demokrasi, ini adalah salah satu tugas Bawaslu yang perlu dipublikasikan oleh kami di Diskominfo. Sehingga masyarakat paham bagaimana cara ikut melaksanakan pemilu, demokrasi berdasarkan Undang-Undang dan Pancasila,” pungkasnya. (nov)