Dibackup Pemprov, Pemkot Gugat PT DISC

by
KUNJUNGAN - Wali Kota HM Saelany Machfudz SE melakukan kunjungan kerja di Pasar Darurat Sorogenen, belum lama ini.

**Tuntaskan Persoalan Ex Pasar Banjarsari

KOTA – Untuk menuntaskan persoalan aset daerah, salah satunya Ex Pasar Banjarsari, Pemkot Pekalongan melakukan gugatan perdata dengan PT Dian Insan Sarana Cipta (DISC). Bahkan upaya hukum tersebut mendapat back up dari Pemerintah provinsi Jawa Tengah melalui Biro Hukum Setda.

Saat berkunjung di Pemkot Pekalongan, Kepala Biro Hukum Setda Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Iwanuddin Iskandar, SH MHum menyampaikan bahwa Pemkot harus mempertahankan aset milik negara, termasuk didalamnya aset Ex Pasar Banjarsari.

“Kami minta segera menyelesaikan semua permasalahan hukum sesuai dengan ketetuntuan peraturan perundang-undangan sebagaimana yang telah diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan Jo. Pasal 35 ayat (1) PP 40 Tahun 1996, Pasal 50 Undang-Undang 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara,” ucapnya.

Sementara itu, Wali Kota HM Saelany Machfudz SE mengucapkan terima kasih atas bantuan Pemprov Jateng. “Kalau tidak ada kendala, Pemkot ingin segera membangun Ex Pasar Banjarsari, sebagaimana keinginan pedagang,” ucapnya.

Namun ada kendala yang tengah dihadapi Pemkot Pekalongan dalam mewujudkan harapan masyarakat, yakni adanya MOU antara Pemkot Pekalongan dengan PT DISC. “Makanya saat ini, kami tengah menyelesaikan permasalahan dari sisi hukum. Pemkot telah koordinasi dengan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Tengah dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ini bukan langkah awal, langkah terakhir kita adalah membuat gugatan sehingga permasalahan dengan pihak ketiga terselesaikan,” tegas Saelany.