2021, Bantuan Keuangan Parpol Naik 50%

by
Drs Rusmanto MM, Kepala Badan Kesbangpol Batang

*Indeks Disepakati Rp 3 Ribu/Suara Sah

BATANG – Pemerintah Kabupaten Batang bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Batang telah sepakat untuk menaikan dana bantuan keuangan partai politik sebesar 50 persen lebih dari tahun sebelumnya. Kalau di 2019 indeks Bankeu Parpol senilai Rp 1.800 per suara sah, hasil pembahasan di Komisi A disepakati naik menjadi Rp 3.000/suara sah.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Batang, Drs Rusmanto MM mengatakan, aturan tersebut tertuang dalam rancangan peraturan daerah (Raperda) yang telah ditandatangani Bupati Batang, Wihaji.

“Kenaikan bantuan keuangan berdasarkan jumlah suara. Di mana dalam Kebijakan Umum Anggaran – Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) dianggarkan Rp 3.000 per suara sah, dari sebelumnya Rp 2.000 per suara sah,” ujarnya, Senin (10/8/2020).

Untuk diketahui, tahun lalu indeks bantuan keuangan parpol adalah sebesar Rp 1.800/suara sah. Lalu pada KUA-PPAS 2021, Kesbangpol mengusulkan naik menjadi Rp 2.000/suara sah. “Dan saat pembahasan dengan Komisi A, rekomnya diusulkan menjadi Rp 3.000 per suara sah,” ucap Rusmanto.

Dijelaskan, ada 10 partai politik di Kabupaten Batang, yakni PKB, PDIP, Golkar, PPP, Gerinda, PAN, PKS, Demokrat, Nasdem, dan Hanura, yang akan memperoleh bantuan itu.