Patut Dicontoh, Warga Kebonan Sediakan Internet Gratis untuk Belajar Daring

by
FASILITASI - Para siswa SD saat menikmati fasilitas internet yang disediakan oleh warga.

BATANG – Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dipilih sebagai sarana alternatif belajar di tengah pandemi. Salah satu metode yang diterapkan adalah dengan belajar menggunakan media daring atau online.

Namun tak sedikit yang kelimpungan ketika menerapkan pembelajaran online. Selain butuh smartphone, kuota internet pun juga perlu disiapkan. Sayangnya belum semua orang tua mampu menyediakan fasilitas ini untuk mendukung pembelajaran daring anaknya.

Prihatin dengan kondisi tersebut, Ketua dan Pengurus RT 4 RW 4 Kampung Kebonan Proyonanggan Utara berinisiatif memfasilitasi internet gratis bagi pelajar.

“Semenjak pandemi Covid-19, semua sekolah menerapkan belajar online, tidak sedikit orang tua yang mengeluh pengeluaran membengkak untuk beli kuota. Padahal, mereka juga sedang kesulitan saat saat ini, dari situlah akhirnya kami membuat fasilitasi internet wifi gratis,” tutur Ketua RT 4 RW4 Kebonan, Slamet Sugiarto, Senin (10/8/2020).

Terdapat tiga titik rumah warga yang dijadikan tempat belajar online dengan waktu belajar mulai pukul 07.00 sampai pukul 15.00 serta sistem belajar secara bergantian.