Bumdes Mampu Tingkatkan Kualitas SDM

by
PENGUKUHAN - Asosiasi Bumdes Kabupaten Pekalongan secara resmi dikukuhkan di Pendopo Bupati.

Ditegaskan, keempat kekuatan desa tersebut menjadi modal besar Bumdes untuk bisa mengembangkan program-programnya untuk menjawab tantangan jaman.

“Empat sumber daya inilah yang menjadi sumber kekuatan panjenengan untuk bergerak lebih dinamis, lebih maju dan saya kira lebih progresif untuk menjawab tantangan jaman.”

Dengan dikukuhkannya pengurus asosiasi Bumdes Kabupaten Pekalongan diharapkan bisa membantu Pemerintah untuk meningkatkan nilai perekonomian di tengah situasi pandemi yang masih berlangsung saat ini.

Ketua Asosiasi Bumdes Kabupaten Pekalongan, Sutanto, menyampaikan bahwa Bumdes merupakan wadah yang dikelola oleh desa dan atau kerjasama antar desa untuk mengelola dan mengembangkan kegiatan dibidang ekonomi. Sekaligus mengembangkan orientasi pada pelayanan umum dan pembangunan sosial bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat desa.

Karena Bumdes memang dibentuk untuk menjadi sumber pengembangan potensi masing-masing desa di Kabupaten Pekalongan dengan kearifan lokal yang dimilki supaya bisa mensejahterakan masyarakat.

“Bumdes dibentuk, dikelola dan dikembangkan bersama dengan pemerintah dan masyarakat desa. Kemudian disesuaikan dengan karakteristik potensi sumber daya dan budaya lokal yang dimiliki oleh masing-masing desa untuk memfasilitasi, memperkuat dan menjaga keberlangsungan usaha ekonomi produktif yang dilakukan oleh warga desa,” jelasnya. (Yon)