Bumdes Mampu Tingkatkan Kualitas SDM

by
PENGUKUHAN - Asosiasi Bumdes Kabupaten Pekalongan secara resmi dikukuhkan di Pendopo Bupati.

**Empat Potensi Jadi Sumber Kekuatan

KAJEN – Desa memiliki empat potensi yang menjadi sumber kekuatan. Untuk itu dengan terbentuknya Bumdes mampu meningkatkan kualitas SDM di tingkat bawah. Demikian dikatakan Bupati Pekalongan Asip Kholbihi saat Pengukuhan Asosiasi Bumdes Kabupaten Pekalongan, di Pendopo Bupati, Sabtu (8/8/2020).

Menurutnya, Bumdes mampu menjawab tantangan perekonomian yang saat ini masih lesu karena pandemi Covid-19. Karena Bumdes mampu meningkatkan ekonomi di Kabupaten Pekalongan dengan basis usaha pedesaan.

“Pertama adalah sumber daya manusia yang bertumbuh dengan baik di pedesaan. Kedua adalah sumber daya alam yang tidak terelakan,” ungkap bupati.

Menurutnya, desa-desa di Kabupeten Pekalongan memiliki potensi sumber daya alam yang apabila bisa didaya gunakan dengan baik, itu akan mendatangkan manfaat yang luar biasa bagi masyarakat. Bumdes dapat memiliki program yang dapat mengembangkan kualitas sumber daya manusia guna mengolah sumber daya alam yang dimiliki desa.

Kekuatan yang selanjutnya adalah finance atau keuangan, dimana telah diketahui bersama bahwa pemerintah pusat telah menganggarkan uang dengan jumlah yang tidak sedikit bagi masing-masing desa di seluruh Indonesia termasuk di Kabupaten Pekalongan untuk dijadikan pemantik peningkatan ekonomi desa.