Klaster Setda Kendal Bertambah 4 Kasus

by
BERTAMBAH- Setelah dua pegawai dinyatakan positif covid-19, kini kasus positif covid di lingkungan Kantor Setda Kendal bertambah empat dan menjadi 6 kasus.

KENDAL – Petugas Dinas Kesehatan (Dinkes) Kendal melakukan rapid test dan uji swab pegawai di lingkungan Sekretariat Daerah (Setda) Kendal. Hal itu dilakukan setelah sebelumnya ada dua pegawai di lingkungan tersebut yang dinyatakan terkonfirmasi covid-19. Hasilnya, ada empat orang terkonfirmasi covid-19. Dengan penambahan itu, jumlah terpapar positif covid-19 di lingkungan Setda menjadi enam kasus.

Hal itu dibenarkan, Kepala Dinas Kesehatan Kendal, Ferinando RAD Bonay, Minggu (9/8). Kata dia, rapid test hanya dilakukan kepada pegawai di lingkungan Setda yang tak melakukan kontak erat dengan dua pegawai yang sebelulmnya terpapar positif covid-19. Sedangkan uji swab untuk pegawai yang melakukan kontak erat.

“Sebanyak 100 orang diuji swab. Semua hasilnya negatif. Yang rapid test, dari 200 orang, 12 dinyatakan reaktif. Kemudian dilakukan swab dan 2 dinyatakan terkonfirmasi positif covid-19. Dinkes lakukan tes swab lagi di hari berbeda dan dapati dua pegawai terkonfirmasi covid-19. Bertambahnya empat ini, jumlah positif covid di lingkungan Setda Kendal jadi 6 kasus,” katanya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kendal, Moh Toha, mengatakan ada enam kasus terpapar positif covid-19 di lingkungan Kantor Setda Kendal.

Empat kasus covid-19 merupakan penambahan jumlah dari sebelumnya yang hanya dua yang terpapar covid-19. Pihaknya melakukan rapid test dan uji swab. Ada sebanyak 200 orang yang mengikuti rapid test dan 100 orang mengikuti uji swab. Mereka yang yang uji swab yang berdasarkan tracing mengalami riwayat kontak dengan dua pegawai yang terpapar covid sebelumnya.