BMT Mitra Umat Dipercaya Menkop – UKM

by
KUNJUNGAN- Kunjungan Menkop-UKM, Teten Masduki, di TPI Kota Pekalongan, Jumat (7/8/2020).

**Salurkan Bantuan Pembiayaan Nelayan

KOTA – Pemerintah pusat melalui Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop-UKM) memfasilitasi pembiayaan mudah dan ringan bagi para nelayan agar tidak sekadar bertahan hidup namun juga bisa mengembangkan usaha perikanan sehingga bisa maraup untung maksimal meskipun di masa pandemi. Tentunya dengan bermitra dengan lembaga keuangan lainnya seperti halnya wadah Koperasi.

Hal ini diungkapkan Teten Masduki, Menteri Koperasi dan UMKM, ketika melakukan dialog dengan anggota nelayan KSPPS BMT Mitra Umat Pekalongan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pelabuhan Perikanan Nusantara Kota Pekalongan, Jumat (7/8/2020).

“Hari ini (Jumat, red) kami melakukan dialog santai dengan para nelayan Kota Pekalongan yang tergabung dalam Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) BMT Mitra Umat didampingi Walikota Pekalongan untuk mengetahui permasalahan dan kebutuhan-kebutuhan apa saja yang dibutuhkan para nelayan di pesisir Kota Pekalongan ini untuk meningkatkan ekonomi mereka termasuk terkait pembiayaan baik untuk menambah jumlah armada, pembelian cold storage agar hasil tangkapan mereka tetap terjaga mutunya dan bernilai ekonomi tinggi,” terang Teten.

Rencananya penyaluran bantuan pembiayaan tersebut dipercayakan kepada BMT Mitra Umat Pekalongan. Teten berharap BMT Mitra Umat ini bisa menjadi Tekker yang optimum dan juga bisa bekerjasama nanti dengan BUMN Pangan salah satunya Perinus misalnya untuk bisa juga menyerap seluruh produk-produk perikanan. Kata dia, jadi nanti kalau marketnya sempurna, maka akan ada banyak alternatif nelayan dalam meningkatkan nilai jual ikannya, sehingga nanti bisa mendapatkan keuntungan yang optimum.

“Kami dari kementerian koperasi akan membantu, pembiayaan untuk kebutuhan-kebutuhan usaha nelayan itu lewat koperasi. Kami sedang bermitra dengan BMT Mitra Umat untuk terus menambah lagi pembiayaan para nelayan,” jelasnya.