DPRD Dorong Bantuan Pangan Imbas Covid-19 Diganti Tunai

by
H Maulana Yusuf, Ketua DPRD Batang

BATANG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Batang mendorong agar penyaluran bantuan bagi masyarakat terkena imbas Covid-19 diganti dengan pemberian dalam bentuk uang tunai saja.

Usulan itu menyusul banyaknya laporan masyarakat pada anggota dewan yang menyatakan bahwa bantuan berupa sembako yang diterima, baik berupa beras, ikan dan lain sebagainya dalam kualitas jelek.

“Saya beberapa kali mendapat laporan tentang kualitas bansos dalam kondisi memprihatinkan. Jadi saya berkali kali menekankan kepada Pemerintah Daerah, walaupun itu sumber bantuannya dari provinsi maupun pusat, itu harus betul betul dicek, jangan menutup mata,” ujar Ketua DPRD Batang, Maulana Yusuf.

Ia mengatakan, Pemkab Batang harus ikut mengontrol dan mengawal proses penyaluran bantuan, agar kualitas sembako yang diterima oleh masyarakat penerima manfaat betul betul layak dikonsumsi. “Jangan ada permainan permainan, yang bisa berdampak merugikan dan meresahkan masyarakat,” pesan Yusuf.

Dengan adanya peristiwa yang terus berulang ulang tersebut, lanjut Yusuf, DPRD Batang akan merekomendasikan pada Bupati Batang, bagaimana caranya agar insiden buruk itu tidak terulang lagi.

“Saya secara pribadi sebetulnya dari awal menekankan kepada Pemda kalau bisa jangan berupa barang, jadi berupa uang tunai saja, karena lebih praktis dan tidak ribet harus pengadaan macam macam. Terlebih, masyarakat penerima manfaat lebih mengerti apa yang saat itu dibutuhkan. Jadi bisa lebih bermanfaat bagi dia,” pungkasnya. (fel)