Demi Belajar Daring, Jibran Rela Bantu Ortu Jualan Bolang-baling

by
JAJAKAN - Siswa SDN Karangasem 04, Jibran, saat membantu ortu menjajakan bolang-baling di lingkungan Pasar Batang.

Dengan membantu orang tuanya berjualan, Jibran mendapatkan upah sekitar Rp 10 ribu per hari. Biasanya uang tersebut dibagi dua, untuk tabungan dan uang jajannya.

“Jadi yang 5.000 ditabung, yang 5.000 buat jajan. Tapi kadang kalau ndak pengen jajan ya dilebihkan yang ditabung. Karena bisa buat bantu ibu bapak buat beli kuota buat belajar online,” ujar Jibran.

Tak hanya itu, uang yang ia tabung direncanakan pula untuk bisa digunakan membeli smartphone. Pasalnya, saat ini ia harus berbagi smartphone dengan keluarga lainnya, dengan menggunakan smartphone ibunya. Padahal belum tentu ketika akan digunakan oleh Jibran, smartphone tersebut bisa saja tengah dipakai anggota keluarga lainnya.

“Jadi awalnya, dia mau bantu saya jualan bolang-baling. Apalagi kemarin pas new normal awal belum berangkat tatap muka. Katanya kasihan sama saya kalau harus beli hp baru dan kuota terus. Sehingga dia akhirnya mau bantu jualan, karena upahnya bisa di tabung,” jelas ibunda Jibran, Yuliana.

Tak hanya berjualan, di masa new normal ini Jibran tak lupa mengingatkan pembelinya untuk menggunakan masker dan menjaga kebersihan. “Kemarin banyak kenalan saya yang laporan ke saya. Kalau Jibran selalu mengingatkan pembeli untuk pakai masker dan jaga kebersihan. Katanya, saling sama-sama menjaga,” ujarnya.