Duh, Realisasi SID Terkendala di Disdukcapil

by
BAHAS SID - Kades Ponolawen Harnoto tengah mebahas SID yang akan memberikan pelayanan masyarakat dengan mudah.

“Kami sudah mendapatkan pelatihan SID beberapa kali, namun sayang portal data kependudukan dari dinas terkait belum membuka, sehingga kami bisa menginput satu persatu ketika ada pengajuan dan lain-lain,” ungkapnya.

Diah mengharapkan SID yang telah diwacanakan pemerintah daerah setahun yang lalu itu dapat ditindaklanjuti dengan baik, yakni dengan memberikan akses seluas-luasnya terkait data kependudukan yang sangat berguna bagi semua pihak, bukan saja pihak pemerintah desa namun juga akan bermanfaat bagi pemerintah daerah dan bahkan pemerintah pusat.

Diah menegaskan, data kependudukan merupakan data vital yang akan dapat membantu, seperti pelayanan kesehatan, bantuan sosial hingga program program lain di luar kewenangan pemerintah desa.Tumpang tindih dan masih banyaknya bantuan salah sasaran itu akibat dari pendataan kependudukan yang belum diperbaharui.

“Kami mendapatkan data dari dinas capil itu tahun 2015 data terkahir, sementara laporan secara lengkap dilakukan desa setiap tiga bulan sekali,” terangnya.

Sementara Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pekalongan, Catur Elmiyanti, saat dihubungi belum tersambung. (jun)