Duh, Realisasi SID Terkendala di Disdukcapil

by
BAHAS SID - Kades Ponolawen Harnoto tengah mebahas SID yang akan memberikan pelayanan masyarakat dengan mudah.

KESESI – Keberadaan Sistem Informasi Desa (SID) tidak hanya akan menghadirkan pelayanan publik yang mudah dan murah bagi masyarakat, melainkan juga sangat berguna dalam membantu data kependudukan. Sayangnya, akses informasi di portal kependudukan sendiri justru masih terkendala di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pekalongan.

Demikian diungkapkan Kepala Desa Ponolawen, Kecamatan Kesesi, Harnoto, saat ditemui Radar di kantornya, Kamis (6/8/2020) kemarin. Harnoto yang juga menjabat Ketua Paguyuban Kepala Desa di Kecamatan Kesesi ini juga menjelaskan bahwa SID merupakan program pelayanan masyarakat yang sangat efektif di era digital yang menuntut masyarakat harus mengikuti kemajuan zaman.

SID, lanjut dia, merupakan program berbasis teknologi informasi yang akan memudahkan pendataan desa dengan mudah. Salah satu aspek penting tersebut, yakni soal pendataan penduduk.

“Saya sangat setuju, bahkan dua ratus persen saya sepakat agar desa menggunakan SID sebagai bentuk pelayanan pemerintah desa kepada masyarakat. Harapan kami, portal data kependudukan di tiap desa dimudahkan oleh dinas terkait, sehingga pendataan secara update secara valid dapat diketahui dengan mudah,” jelas Harnoto.

Hal senada diungkapkan Sekdes Ponolawen , Diah Ariyani. Menurutnya, SID seharusnya dapat didukung penuh oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pekalongan. Karena dengan terintegrasinya data kependudukan, maka hal itu justru memudahkan pihak dinas maupun desa dalam menghasilan data yang akurat, seperti tentang angka kelahiran, kematian, dan lainnya.