Desanya Boleh Kecil, Tapi Jetak Lengkong Punya Potensi Besar

by
BANGUNAN- Nampak bangunan gedung serba guna desa Jetak Lengkong di pinggiran jalan raya blumbang.

WONOPRINGGO – Jetak Lengkong hanyalah sebuah desa kecil di Kabupaten Pekalongan, karena hanya memuat dua pedukuhan, yakni Dukuh Jetak Lengkong dan Dukuh Blumbang, itupun terpisah dengan tegalan atau persawahan. Namun demikian, desa ini menyimpan banyak potensi yang bisa dikembangkan untuk mendongkrak Pendapatan Asli Desa (PADes)

“Potensi desa sendiri nampak sebenarnya dari letak strategis di pinggir jalan raya, itu merupakan aset untuk desa. Suatu waktu jika betul-betul bisa diberdayakan, bisa dikembangkan, misalnya saja pom bensin atau usaha ekonomi lainnya,” ungkap Kades Cetak Lengkong, Kecamatan Wonopringgo, Prio Arif Bintoro, saat ditemui di kantornya, Rabu (5/8/2020).



Dijelaskan Prio, tidak hanya posisi desa yang strategis, lebih dari itu juga kepemilikan lahan yang luas. Potensi tersebut juga bisa diberdayakan untuk mendongkrak perekonomian.

“Seperti lahan untuk olahraga, ada sepak bolanya, gedung serba guna, meskipun belum jadi, masih proses penggarapan saat ini. Tak menutup kemungkinan, kelak sarana olahraga seperti stadion itu bisa mendatangkan PAD Desa Jetak Lengkong. Apalagi lingkupnya di sekitar wilayah pendidikan,” jelasnya.

Dengan pembangunan berbagai macam fasilitas publik, maka roda ekonomi di sekitarnya akan mengalami percepatan yang baik untuk menambah pendapatan dan penghasilan warga sekitar.