Dipersoalkan Warga, Peradi Mediasi Pendirian Kios di Lapangan Desa

by

KENDAL – DPC Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Kendal memediasi permasalahan pembangunan kios di atas lapangan Desa Wonosari, Kecamatan Patebon. Mediasi yang dimoderatori Ketua PDC Peradi Kendal, Subur Isnadi, mengundang berbagai pihak seperti kades, mantan kades, tokoh masyarakat, BPD, dan warga yang pro maupun kontra dengan pembangunan kios yang berada di sebelah barat SMP 1 Patebon.

Subur Isnadi, mengatakan pihaknya selaku kuasa hukum dari perwakilan warga yang menolak dengan pembangunan kios di atas tanah lapangan desa. Dia mengatakan, di atas lapangan desa tersebut telah didirikan 18 bangunan dimana sebagian sudah jadi dan sebagian masih bentuk fondasi.

“Dahulu tanah itu merupakan tanah kas desa dan atas permintaan masyarakat untuk dijadikan fasilitas olahraga. Jika terdapat pengalihan fungsi dari lapangan olahraga menjadi kios, harus izin dari kementerian,” katanya, kemarin.

Menurutnya status tanah tersebut merupakan tanah desa. Bangunan itu berdiri atas tanah desa yang merupakan fasilitas olahraga. Kios tersebut menurut rencana akan digunakan sebagai Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Namun, hingga kemarin BUMDes belum terbentuk. Kami disini ingin mengetahui persoalan yang sebenarnya,” ungkapnya.