Sudah Ada Transmisi Lokal Penularan Covid-19

by
Kepala Dinas Kesehatan, Slamet Budiyanto

Dengan kondisi tersebut, Budi, sapaan akrabnya, mengajak masyarakat untuk lebih waspada dan menjadikan situasi ini perhatian bersama. Yakni dengan cara penerapan protokol kesehatan secara lebih ketat dan tertib. “Ini harus menjadi perhatian bersama. Kita harus lebih tertib menerapkan protokol kesehatan agar pencegahan Covid-19 bisa lebih optimal,” katanya.

Dalam rangka menegakan ketertiban masyarakat, saat ini juga sudah terbit Inpres Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19. Dalam Inpres tersebut, Presiden memerintahkan untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan sesuai tupoksi dan kewenangan masing-masing dalam menjamin kepastian hukum, memperkuat upaya dan meningkatkan efektivitas pencegahan dan pengendalian Covid-19 di seluruh daerah provinsi serta kabupaten kota di Indonesia.

“Di sini perintahnya adalah peningkatan disiplin dan penegakan hukum. Jadi sudah saatntya masyarakat agar bisa meningkatkan disiplin dan menerapkan protokol kesehatan dalam kegiatan apapun supaya bisa bantu upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19. Jadi kami berharap, karena ini sudah ada inpres maka selanjutnya akan diimplementasikan di lapangan. Bentuknya seperti apa, pemerintah ingin masyarakat lebih disiplin dan patuh dalam melaksanakan protokol kesehatan,” tandasnya.(nul)