Sudah Ada Transmisi Lokal Penularan Covid-19

by
Kepala Dinas Kesehatan, Slamet Budiyanto

*Jumlah Kasus Naik Signifikan dalam Dua Minggu

KOTA – Jumlah kasus Covid-19 di Kota Pekalongan yang sebelumnya sempat stabil, bertambah cukup signifikan dalam dua minggu terakhir. Ada penambahan sembilan kasus positif dan satu orang pasien meninggal dunia. Sehingga saat ini terdapat 11 kasus aktif, tiga diantaranya dirawat dan delapan lainnya menjalani isolasi mandiri.

“Indikator yang dipantau itu adalah sejauh mana perkembangan dalam dua minggu terakhir. Sebelum dua minggu ini, di Kota Pekalongan memang masih aman, perkembangannya stabil dan kita bisa pertahankan jumlahnya tidak bertambah. Tapi di dua minggu terakhir ini di Kota Pekalongan terdapat penambahan kasus yang cukup signifikan yakni ada sembilan kasus,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan, Slamet Budiyanto, Kamis (6/8/2020).

Yang perlu menjadi perhatian, dua dari sembilan kasus tersebut sudah merupakan transmisi lokal yakni penularan yang terjadi antar warga lokal dan bukan lagi kasus impor dari luar kota. Menurutnya, dengan adanya transmisi lokal maka masyarakat harus lebih waspada karena kontak erat yang terjadi justru akan lebih banyak.

“Dua orang yang tertular dari transmisi lokal tersebut, tertular dari anggota keluarga yang sudah lebih dulu terkena Covid-19. Sehingga kita harus waspada, karena ketika sudah ada transmisi lokal kontak eratnya justru akan lebih banyak,” pesannya.

Terkait kasus itu, pihaknya sudah berkoordinasi dengan kelurahan dan masyarakat melalui puskesmas agar yang bersangkutan bisa melakukan isolasi mandiri secara tertib dan masyarakat juga dapat membantu agar isolasi berjalan dengan baik. Beberapa kontak erat juga sudah dilakukan tes swab.