Kasus Covid-19 di Batang Tembus 103

by
Bupati Batang, Wihaji

**Bupati Instruksikan OPD Kawal Gerakan Zero Covid-19

BATANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang terus berupaya keras menekan persebaran Covid-19. Terlebih, sampai saat ini kasusnya terus meningkat, bahkan secara kumulatif sudah menembus 103 kasus.

Karena itu, Bupati Batang, Wihaji, menggulirkan “Gerakan Zero Covid-19” sebagai ikhtiar membebaskan Kabupaten Batang dari pandemi corona. “Saya sudah tanda tangani Perbup Zero Covid-19. Saya mau serius dan fokus mengawal Zero Covid-19 ini. Maka saya minta kepada seluruh OPD terkait untuk ikut mengawal Perbup ini,” ungkap Bupati Batang, Wihaji, belum lama ini.

Wihaji mengatakan, gerakan Zero Covid-19 tersebut segera diterapkan secara maksimal mengingat jumlah kasus positif Covid-19 di wilayahnya hingga Kamis (6/8/2020) mencapai 103 orang, dengan angka kesembuhan 68 orang, dirawat 25 orang, dan meninggal 10 orang.

Untuk itu, isolasi mandiri oleh setiap warga yang telah dinyatakan positif Covid-19 namun berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG) menjadi langkah pertama yang akan ditempuh. Mereka tidak diperbolehkan untuk keluar rumah maupun menerima tamu.

“Aturan gerakan Zero Covid-19 yang pertama kita lakukan adalah lockdown keluarga dengan cara wajib mengisolasi mandiri di rumah selama 14 hari. Pemkab Batang selama 14 hari akan memberikan uang sebesar Rp 1 juta, dan sembako untuk setiap keluarga yang positif Covid-19,” ujar Bupati Wihaji.