Bersiap! Jika Proses Lancar, Warga Bakal Dapat Vaksin Covid-19 pada Januari 2021

by
Ilustrasi hasil rapid tes Covid-19. Foto JPNN

Masyarakat Jawa Barat diperkirakan baru akan menerima vaksin Covid-19 tahun depan. Tepatnya antara Januari hingga Februari 2021.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil usai melakukan rapat Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kota dan Kabupaten Cirebon di salah satu hotel di bilangan Jalan Siliwangi, Kota Cirebon, Rabu (5/8).

Gubernur Jabar yang akrab disapa Emil itu mengatakan, vaksin Covid-19 yang ada saat ini berasal dari empat sumber. Masing-masing dari Tiongkok, Korea, Inggris dan buatan lokal.

Dijelaskan Emil, syarat vaksin dapat digunakan adalah harus sudah melalui tiga kali uji. Pertama diuji sebanyak dua kali di negara asalnya sebelum kemudian diuji di negara konsumen.

Dikatakan Emil, yang saat ini dinilai paling siap untuk digunakan adalah vaksin dari Tiongkok. Pasalnya, vaksin tersebut sudah menjalani uji sebanyak dua kali di negara asalnya.

“Uji ketiga akan dilakukan di Indonesia sebagai negara konsumen. Vaksin tersebut diproduksi oleh Bio Farma. Ada sekitar 160 relawan yang terdaftar di Bandung Raya untuk melakukan persiapan pengetesan yang akan dilakukan hingga Desember 2020,” ungkap Emil.

Emil menambahkan, jika proses pengetesan tersebut berjalan lancar, diperkirakan warga Jawa Barat, termasuk Cirebon akan dapat menerima vaksin per Januari-Februari 2021 mendatang. (sta/rmol/pojoksatu)