Sah, DPC PKB Usulkan Asip – Sumarwati

by

*Dalam Pilkada Kabupaten Pekalongan Desember 2020 Mendatang

KAJEN – Kamis (06/08), Dewan Pengurus Cabang (DPC) PKB Kabupaten Pekalongan secara resmi mengusulkan petahana Asip Kholbihi berpasangan dengan Hj. Sumarwati untuk maju Pilkada 2020 mendatang. Usulan tersebut merupakan hasil rapat koordinasi dan konsolidasi pengurus DPC PKB, PAC dan juga sejumlah Kyai di Kantor Jalan Raya Ambokembang Kedungwuni.

Adapun Asip Kholbihi kini masih menjabat sebagai Bupati Pekalongan. Sedangkan pasangan yang direkomemdasikan yakni Hj. Sumarwati, merupakan ASN dan saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pekalongan.

Ketua DPC PKB Kabupaten Pekalongan, Bisri Romli kepada sejumlah awak media menyampaikan hasil rapat koordinasi dan konsolidasi Pilkada Pekalongan, bersama 19 PAC dan 13 para Kyai sepakat mengusung Asip Kholbihi sebagai Bakal Calon Bupati Pekalongan. Usulan DPC PKB tersebut, akan dibuatkan surat dan hari ini akan langsung diteruskan kepada DPW dan DPP PKB.

“Jadi semua partai biasanya untuk rekomendasi calon, top down. Ini Button up. Namun kita dari bawah yang mengusulkan ke atas satu pasang,” terangnya.

Adapun Asip Kholbihi akan berpasangan dengan Hj. Sumarwati sebelumnya telah memenuhi berbagai proses penjaringan dan penelitian internal partai. Dalam penjaringan PKB melibatkan semua PAC untuk menentukan siapa pendamping Pak Asip. Dasarnya memang penelitian. Tadinya ada tiga orang yang dicalonkan untuk mendampingi Pak Asip.

“Namun Tiga kali penelitian, Bu Sumarwati unggul. Dengan dasar inilah para kyai sepekat Wakilnya Bu sumarwati. Ini pengusungan PKB termurah, mudah-mudahan bisa menang. Biasanya DPC Kabupaten Pekalongan ketika usul tidak ada masalah,” jelasnya.

Dengan penetapan keputusan dari DPC PKB tersebut, saat ini pihaknya hanya menunggu rekomendasi dari DPP PKB. Karena semua kyai dan jajaran PKB setuju.

“Hari ini kita baru layangkan, kirimkan surat ke DPW dan DPP, bahwa semua kyai dan pengurus setuju, dasarnya penilitian. “

Pihaknya sendiri mengaku siap menerima partai lain untuk berkoalisi guna menyukseskan pasangan Asip Kholbihi-Sumarwati. Karena pada prinsipnya PKB tidak ingin menyakiti partai lain.

Adapun Asip Kholbihi menyampaikan bahwa dirinya akan menjalankan amanah partai untuk ikut dalam pencalonan Pemilukada 2020 mendatang.

“Para kyai kumpul tadi menindaklanjuti apa yg disampaikan ketua DPC, saya Asip Kholbihi berpasangan dengan Sumarwati dan Insya Allah rekomendasi akan turun. Untuk itu saya akan berjuang kembali untuk memajukan Kabupaten Pekalongan,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Asip Kholbihi, optimis akan menang jauh lebih banyak, ketimbang tahun Pemilukada sebelumnya.

“Yang jelas jangan kayak kemarinlah, kemarin menangnya sedikit. Insyaallah bisa menang banyaklah,” harapnya. (Yon)