Spot Wisata Pantai Kini Menjamur di Jalan Sigandu-Ujungnegoro

by
MENIKMATI PANTAI - Sejumlah anak-anak sangat menikmati mandi dan bermain di Pantai Cemoro Sewu saat libur Idul Adha kemarin.

BATANG – Aktivitas wisata pantai di Kecamatan Batang belakangan tak lagi dodominasi Pantai Sigandu. Dalam kurun waktu lima tahun terakhir, spot-spot wisata sejenis bahkan menjamur di sepanjang ruas Jalan Sigandu-Ujungnegoro.

Beberapa spot wisata yang dibangun warga itu, antara lain Pantai Karang Maheso, Pantai Depok, Pantai Payung Sewu, Pantai Cemoro Sewu, dan lainnya. Spot-spot tersebut umumnya hanya menawarkan pantai, tempat-tempat nongkrong dengan kursi dan meja kayu sederhana, tetapi hampir semua tempat-tempat itu diperkuat dengan rindangnya pohon-pohon cemara yang menambah kesejukan. Di antara batang cemara kadang dilengkapi tempat duduk atau hammock (ayunan pohon) sederhana. Beberapa warung kecil juga menyediakan aneka minuman hingga makanan dan jajanan.

Meski umumnya hanya didukung dengan sarana prasarana ala kadarnya, namun jangan tanya soal aktivitas kunjungan di sana. Tengoklah saat akhir pekan atau libur nasional, semua spot wisata itu ramai disesaki pengunjung. Tidak hanya kendaraan roda dua, pengunjung bermobil bahkan tak jarang antre untuk masuk ke parkiran.

“Sekarang banyak spot wisata pantai di situ dan ramai semua. Bahkan, ramainya mengalahkan obyek utamanya, yakni Pantai Sigandu,” tutur Diani, warga Pekalongan yang mengunjungi Pantai Cemoro Sewu bersama keluarga.

Dia yang datang dengan rombongan dua mobil MPV, awalnya masuk ke Pantai Sigandu, akhirnya memilih balik kanan dan masuk ke Cemoro Sewu. Selain relatif sepi, kondisi pantainya juga disebutnya kurang nyaman untuk bermain anak.