Berbekal Panduan dan Peraga, Permudah Siswa Pahami Pelajaran

by
MENGAJAR - Jumaratun, guru SDN 01 Gemuh, tengah melakukan pembelajaran tatap muka melalui pembelajaran visit home dengan terapkan protokol kesehatan.

“Semester kemarin itu itu saya terapkan. Namun awal semester ini, saya inisiatif untuk mengajarnya tatap muka secara visit home dengan terapkan protokol kesehatan,” ungkapnya.

Jumaratun, menyatakan dalam melakukan pembelajaran secara visit home itu dirinya terlebih dahulu meminta ijin orangtua siswa dan pemilik rumah untuk dijadikan tempat pembelajaran. Setiap tempat untuk pembelajaran terdapat tiga dan empat siswa. Dengan segudang pengalaman yang dimilikinya menjadi tenaga pendidik, ketelatenannya dalam mengajar dan menuntun siswa tidak diragukan lagi. Para siswanya pun dilatih untuk aktif bertanya dalam proses pembelajaran visit home tersebut.

Dalam proses kegiatan belajar mengajar tatap muka itu ia berharap dapat melatih anak untuk bisa menguasai materi lebih cepat dan maksimal, khususnya dalam menulis, membaca, dan menghitung.

Khusus hari Sabtu dilakukanya untuk memberikan tugas kepada siswa-siswanya. Sedangkan untuk Minggunya istirahat. Karena tidak semua siswa mempunyai kemampuan yang sama. Sehingga dirinya berusaha maksimalkan pondasi dasar pembelajaran siswa kelas 1.

“Itu saya lakukan agar ke depannya bisa mengikuti pelajaran dengan maksimal,” terangnya.

Proses kegiatan belajar mengajar visit home itu disaksikan langsung oleh Kepala Disdikbud Kendal bersama Korwil UPTD Disdikbud Kendal. Tampak juga Kepala Desa Galih dan perangkatnya. Dalam kesempatan itu, Kepala Disdikbud Kendal Wahyu Yusuf Akhmadi mengapresiasi semangat guru SDN 01 Galih, Jumarotun untuk mengajari siswanya dengan melakukan visit home tapi tetap terapkan protokol kesehatan.