BST Bakal Diperpanjang Sampai Desember

by
RAPAT EVALUASI - Pemkot Pekalongan bersama Kantor Pos Pekalongan menggelar rapat evaluasi BST Tahun 2020 di Hotel Pesonna Pekalongan, Rabu (5/8/2020).

KOTA – Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Sosial (Kemensos) rencananya akan diperpanjang hingga Desember 2020 mendatang. Namun, nilainya akan berkurang, dari yang sebelumnya Rp600 ribu per bulan menjadi Rp300 ribu per bulan.

Demikian disampaikan Plt Kepala Dinsos-P2KB Kota Pekalongan Budiyanto, usai rapat evaluasi BST Tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Kantor Pos Kota Pekalongan bekerja sama dengan Pemerintah Kota Pekalongan di Hotel Pesonna, Rabu (5/8/2020).

“BST dari Pemerintah Pusat untuk di Kota Pekalongan sendiri melalui Kantor Pos diterima oleh sebanyak 10.811 warga dimana sebulan mereka mendapatkan 600 ribu dan berjalan tiga bulan sampai Bulan Juli lalu. Alhamdulillah penyalurannya sudah berjalan cukup lancar. Dari Kemensos RI sendiri infonya ada rencana perpanjang BST ini sampai Desember mendatang namun dengan jumlah nominal setengahnya, awalnya Rp600 ribu menjadi Rp300 ribu per bulan tapi kami masih menunggu keputusan tertulisnya dari Pemerintah Pusat,” terang Budiyanto.

Dalam kesempatan tersebut, Budiyanto mengakui masih ada beberapa permasalahan dalam penyaluran BST yang perlu dievaluasi antara lain masih ada penerima BST yang menerima bansos lain. Kemudian alamat penerima tidak ditemukan, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang meninggal dunia maupun pindah alamat, KPM BST terlambat mengambil dan sebagainya.

“Alhamdulillah kami sudah berusaha semaksimal mungkin agar dalam penyaluran bantuan ini lancar, memang ada sedikit kendala seperti double penerima bantuan baik dari program pusat, provinsi maupun kota, KPM pindah alamat, meninggal dan datanya belum diperbaharui tapi
semua itu sudah diselesaikan,” papar Budiyanto.