Upaya Guru Zumrotun Memproduksi Teh Sodong, Dulu Rp 1.500/Kg, Kini Harganya Rp 85 Ribu/Kg

by
KEMAS TEH - Salah satu pegawai Teh Pucuk Juhar saat mengemas teh ke dalam bungkus.

Zumrotun menjelaskan, untuk mengolah daun teh pucuk menjadi teh siap seduh kualitas premium, hanya membutuhkan ketelatenan. Lantaran harus melalui tahapan pemprosesan yang cukup beragam.

Daun teh yang sudah dipetik haris diperlakukan dengan benar, mulai dari diangin-anginkan hingga proses pengeringan melalui pemanasan api kayu yang cukup.

“Pemilihan daun teh juga penting, karena menentukan kualitas hasil akhirnya jadi hanya dipetik yang memang benar-benar pucuk Cara olah pun dengan tradisional sekali dengan gerabah tanah tanpa pewarna tanpa apapun ternyata hasilnya alhamdulillah menjadi teh seduh dengan rasa yang khas,” imbuhnya.

Produk teh yang diberi nama Juhar tersebut dipasarkan secara daring dengan pengiriman dari lokal Batang, Pekalongan, dan merambah ke kota-kota besar, seperti Jakarta dan Surabaya.

Teh Pucuk Juhar ini biasanya dapat terjual hingga 250 kemasan per minggu. Ukurannya mulai dari 200 gram, 500 gram hingga satu kilogram.

“Alhamdulillah untuk hasilnya lumayan, apalagi di tengah pandemi seperti ini juga bisa menambah perekonomian keluarga,” tututpnya. (*)